Entri Populer

Selasa, 22 Mei 2012

Khasiat Minyak Zaitun

KHASIAT DAN MANFAAT MINYAK ZAITUN MELALUI PENELITIAN DAN ALKITABIAH
by Donny Prisdjuliantjokro Hutapea


PRESENTASI SEPUTAR MINYAK ZAITUN
Dibawakan oleh: Donny Hutapea.

1. MINYAK ZAITUN MENURUT HASIL PENELITIAN
Khasiat zaitun dikenal sejak ribuan tahun lalu karena mengandung asam oleic (oleic acid) dan polifenol yang mampu menjadi antioksidan bagi kulit, dan rambut yang biasa menjadi keluhan setiap wanita, seperti keriput, kulit bersisik hingga rambut bercabang. Berikut beberapa perawatan dari zaitun untuk rambut hingga kulit agar selalu terjaga kelembutannya.

Bahan makanan yang terkenal dari dataran Mediterania ini merupakan bahan yang sering dihubungkan dengan kesehatan. Namun, minyak zaitun memiliki banyak fungsi dan manfaat baik untuk berbagai keperluan. Meski tergolong mahal dan jarang ada di pasaran, setidaknya Anda kini tahu bahwa minyak zaitun tak hanya bisa digunakan untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan dan keperluan rumah tangga lain. Sehingga, ketika Anda menyimpan minyak zaitun, Anda sudah tahu bahwa Anda berinvestasi untuk banyak hal. Berikut beberapa manfaat minyak zaitun.

a. Kulit sehat (melawan kanker) Zat yang dimiliki minyak zaitun, linoleic acid, merupakan sebuah zat yang mampu menjaga air menguap. Sehingga, zat ini amat baik untuk digunakan sebagai pelembab kulit. Menurut Leslie Baumann, M.D., pengarang The Skin Type Solution, mengkonsumsi buah dan minyak zaitun bisa memberikan kulit sehat, sama ketika dikenakan sebagai olesan. Teteskan minyak zaitun ke dalam air mandi hangat untuk tambahan kesehatan. Baumann menambahkan, bahwa minyak zaitun juga mengandung setidaknya 4 zat antioksidan yang berbeda. Hal ini berarti membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kulit dan kanker kulit.

b. Mengurai rambut kusut Untuk mengatasi rambut kusut dan rusak, oleskan minyak zaitun pada sisir, lalu sisirkan pada rambut yang kering atau melayang, khususnya di udara yang dingin atau lembab. Michael de Jong, penulisClean Body menyarankan untuk mengoleskan rambut dengan minyak zaitun, bungkus dengan shower cap setidaknya 3 menit, lalu keramas seperti biasa. Hal ini akan membantu memberikan kelembaban pada rambut yang sangat kering.

c. Membantu melegakan tenggorokan kucing Untuk membersihkan tubuhnya, kucing menjilati bagian-bagian tubuhnya. Tak jarang, ada helaian rambutnya yang terlepas dan tersangkut di tenggorokannya. Untuk mengeluarkan rambut-rambut yang menggumpal di tenggorokannya (hairball), kucing harus terbatuk-batuk dan mendehem. Untuk mengurangi kesulitannya, tambahkan satu sendok minyak zaitun ke dalam makanannya. Selain untuk mencegah hairball, hal ini juga membantunya mendapatkan rambut yang lebih bersinar dan sehat.

d. Mengurangi dengkuran Menenggak minyak zaitun sebelum tidur bisa memberikan lubrikasi pada otot tenggorokan, sehingga dipercaya bisa mengurangi dengkuran. Termasuk juga mengurangi rasa gatal di tenggorokan.

e. Mengilapkan furnitur dan besi (termasuk bahan kulit) Peralatan makan dari perak, perunggu, dan bahan metal lainnya bisa dipoles dengan saus tomat atau pasta gigi. Untuk mencegah bekas, karat, dan noda, gosokkan minyak zaitun pada bahan-bahan tadi. Caranya, campurkan minyak zaitun dan perasan lemon dengan perbandingan 2:1. Celupkan kain lembut ke dalam campuran tadi, bersihkan furnitur dari debu, lalu gosokkan kain tadi. Bisa juga digunakan pada meja kayu. Sementara untuk produk kulit, oleskan minyak zaitun tipis-tipis, diamkan selama 30 menit, lalu lap dengan kain.

f. Bebaskan resleting keras Terkadang ada tipe-tipe resleting yang mengeras sehingga sulit dibuka. Untuk melancarkannya kembali, teteskan minyak zaitun langsung pada resleting tersebut, lalu perlahan-lahan tarik kembali resletingnya.

g. Melancarkan pintu menderik Minyak zaitun bisa berkhasiat sebagai lubrikan dalam banyak hal. Untuk menghilangkan suara berdenyit engsel pintu, teteskan minyak zaitun. Anda mungkin lebih memilih WD-40 untuk hal-hal tersebut. Namun, bahan dasar WD-40 adalah hidrokarbon, jadi, setiap saat kita mengurangi penggunaan zat tersebut, kita semakin menjaga bumi agar lebih bersih.[1]


Minyak zaitun sudah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk kebutuhan konsumsi, juga untuk kecantikan para wanita. Keefektivitasannya sudah teruji melewati batas ruang dan waktu. Mau mencoba minyak alami ini untuk kecantikan Anda? Berikut adalah hal yang bisa dilakukan minyak zaitun untuk kecantikan Anda.

a.Pengganti krim cukur
Kehabisan krim cukur? Jangan khawatir, gunakan saja minyak zaitun. Minyaknya akan melembutkan rambut-rambut yang kasar dan memberikan hasil cukur yang lebih mulus. Pssst, kalau suami Anda memiliki kulit wajah sensitif sehingga takut mencukur, coba berikan minyak zaitun sebagai pengganti krim cukurnya dan lihat khasiatnya.

b.Menghaluskan kutikula
Berangan-angan memiliki kuku yang lebih kuat, bebas dari kutikula, sekaligus tangan yang lembut? Celupkan kuku-kuku jari Anda ke dalam minyak zaitun hangat. Minyaknya akan membuat kutikula melunak, sekaligus menguatkan kuku yang mudah patah. Lalu oleskan minyak tersebut pada tangan sebelum tidur, lalu bungkus dengan sarung tangan dari katun, biarkan semalaman.

c.Melembapkan kulit kering
Lembapkan daerah kering pada bagian tubuh Anda dengan mengoleskan minyak zaitun di titik-titik tertentu. Oleskan secukupnya pada bagian-bagian tubuh kering, seperti kulit bibir kering, kulit kaki yang kering, atau di bagian tubuh mana pun yang ingin Anda lembapkan. Minyak zaitun juga bisa digunakan sambil berendam untuk menghaluskan kulit. Campur minyak zaitun dengan minyak esensial, seperti lavender untuk lebih nyaman dan wangi.

d.Membersihkan sisa makeup
Minyak zaitun juga mampu menghapus sisa makeup yang menempel pada kulit. Tepuk-tepuk kapas yang sudah dicelupkan ke dalam minyak zaitun pada wajah seperti membersihkan makeup dengan pembersih susu. Bisa pula digunakan untuk membersihkan sisa maskara.

e.Melembutkan rambut kasar
Siram rambut dengan minyak zaitun, lalu bungkus dengan handuk, diamkan selama 30 menit. Untuk rambut yang rusak karena salah perawatan, campur ½ cangkir minyak zaitun dengan satu butir telur yang sudah dikocok, lalu siram ke rambut Anda, bungkus dengan penutup rambut plastik, biarkan selama 30-45 menit. Lakukan perawatan ini seminggu sekali lalu berikan jeda setelah menunjukkan perubahan membaik.[2]

f.Sebagai pelengkap dan pelezat makanan
Sebagai contoh; sebagai campuran salad, menumis/menggoreng daging/sayur, roti/pizza, dan sebagainya.


2. MINYAK ZAITUN VERSI ALKITAB

Minyak merupakan salah satu dari lambang Roh Kudus Tuhan. Di dalam kitab 1Sam 16:13: “Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama”. Minyak dalam perjanjian lama berarti bahwa segala sesuatu yang diurapi minyak adalah sesuatu yang diasingkan untuk Allah. Mulai dari raja Israel, kemah tempat tabut Allah (kel 30: 25-30, Imamat 8:10-12), Mematraikan Mezbah Allah (Kej 28:16-18, Kej 35:13-15), Harun dan putra-putranya (kel 30:30), nabi (1 Raja 19:16). Lalu minyak juga diperlukan untuk menyalakan tujuh kaki dian dalam kemah sembayang Allah.[3]

Dizaman Musa pertama kali membuat minyak urapan dan rempah-rempah (Kel 37:29) serta membuat minyak zaitun tumbuk sebagai bahan bakar minyak lampu untuk pertama kali sebagai pelita (Imamat 24:1-4).

Minyak urapan untuk memuliakan/menghormati Allah dan manusia Hakim 9:8-9: “Sekali peristiwa pohon-pohon pergi mengurapi yang akan menjadi raja atas mereka. Kata mereka kepada pohon zaitun: Jadilah raja atas kami! Tetapi jawab pohon zaitun itu kepada mereka: Masakan aku meninggalkan minyakku yang dipakai untuk menghormati Allah dan manusia, dan pergi melayang di atas pohon-pohon?”

Minyak urapan untuk mengurapi kepala agar diberikan kelimpahan Mazmur 23:5: “Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah,

Minyak urapan bisa melebihi teman-teman sekutu Ibrani 1:9: “Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu”.

Minyak urapan untuk menyembah Allah Mikha 6:6-7: “Dengan apakah aku akan pergi menghadap TUHAN dan tunduk menyembah kepada Allah yang di tempat tinggi? Akan pergikah aku menghadap Dia dengan korban bakaran, dengan anak lembu berumur setahun? Berkenankah TUHAN kepada ribuan domba jantan, kepada puluhan ribu curahan minyak? Akan kupersembahkankah anak sulungku karena pelanggaranku dan buah kandunganku karena dosaku sendiri?".

Minyak tak dapat dirusakan karena perintah Tuhan Wahyu 6:6: “Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu”.

Minyak urapan untuk mengusir setan dan menyembuhkan penyakit Markus 6:13: “dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka”. Yakobus 5:14: “Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan”.

Minyak urapan untuk menyembuhkan luka-luka Lukas 10:34: “Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya”.

Bahkan Yesus menyebut adanya kuasa pengampunan dosa di balik minyak urapan Lukas 7:46-50:
46. Engkau tidak meminyaki kepala-Ku dengan minyak, tetapi dia meminyaki kaki-Ku dengan minyak wangi.
47. Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih."
48. Lalu Ia berkata kepada perempuan itu: "Dosamu telah diampuni."
49. Dan mereka, yang duduk makan bersama Dia, berpikir dalam hati mereka: "Siapakah Ia ini, sehingga Ia dapat mengampuni dosa?"
50. Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!"


Pesan dan doa:

Percaya atau tidak percaya itulah fakta/bukti bahwa khasiat dan manfaat minyak zaitun dunia mengakui, lebih-lebih tercantum di Alkitab ada 191 kata mengenai minyak, anda boleh cek kebenarannya lebih lanjut. Selain lambang Roh Kudus Tuhan, minyak merupakan sarana yang disediakan Tuhan yang merupakan bagian dari doktrin Alkitab, tinggal bagaimana kita sebagai umatNya maupun hamba Tuhan boleh pakai atau tidak itu terserah pribadi lepas pribadi karena itu adalah suatu pilihan.

Kami berdoa: sungguh besar kuasaMu Tuhan, yang tiada taraNya sehingga kami boleh mengenal lebih dalam lagi tentang minyak di Alkitab, yang adalah bagian kebenaran firmanMu juga Tuhan. kami bersyukur dalam nama Tuhan Yesus. Amin.

[1] http://nasional.kompas.com/read/2009/08/04/1546486/Minyak.Zaitun.yang.Kaya.Manfaat
[2] http://nasional.kompas.com/read/2009/11/13/13161867/Ragam.Guna.Minyak.Zaitun.untuk.Kecantikan
[3] http://gogetglory.blogspot.com/2009/04/nama-dan-lambang-roh-kudus-bagian-2.html