Entri Populer

Selasa, 29 Mei 2012

Kekristenan Yang Dewasa

Ef 4:11-15
11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,
13 sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,
14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,
15 tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala.

Ayat di atas jelas memberikan kepada kita suatu nasihat bahwa sudah menjadi tugas gembala, gereja, pengkhotbah untuk menjadikan jemaat Tuhan dewasa rohani. Kedewasaan adalah suatu target Kristus yang adalah Kepala Gereja agar orang2 kudusNya Tuhan menjadi serupa seperti Dia.
Bagaimana agar kita dpr mnjadi org Kristen yg dewasa rohani? Simpelnya, ada 5 B:

1. Yoh 20:24-29 - Berjumpa secara pribadi
    Perjumpaan dengan Tuhan merupakan titik awal menuju kedewasaan. Mungkin tidak semua orang mngalami perjumpaan langsung dgn Tuhan (seperti halnya pak Pariadji). Tetapi dengan adanya mujizat yang kita alami dalam hidup kita, dapat dijadikan jalan perjumpaan kita dengan Dia.
Sebab itu gereja harus mendemonstrasikan kuasa Allah sbg langkah awal orang mengalami perjumpaan dengan Tuhan melalui mujizat yang mereka alami.
2. Rm 12:2 - Berubah cara hidup
    Dahulu mungkin kita masih hidup dalam gaya yang lama. Kita masih mengnakan mnusia lama (Ef 4:24-27). Tetapi setelah mengalami perjumpaan dengan Tuhan, cara hidup kita harus berubah, tidak seperti orang dunia yang belum berjumpa dengan Yesus.
3. Kol 2:7 - Berakar dalam Tuhan
    Analogi sebuah akar digambarkan oleh Paulus untuk mnghadapi angin2 pengajaran. Gereja tidak dapat menghentikan banyaknya pengajaran sesat yang berkembang karena memang pengajaran sesat akan terus berkembang dan semakin banyak menjelang akhir jaman. Tetapi gereja dapat memperlengkapi jemaat untuk berakar agar tidak mudah goyah oleh banyaknya pengajaran yang berkembang.
4. Ef 4:13-15 - Bertumbuh ke arah Kristus
Gereja (dalam arti organisasi maupun organisme) yang sehat harus bertumbuh. Gembala, pengkhotbah, pengajar harus membawa jemaat kepada pertumbuhan iman ke arah Kristus
5. Ef 4:11-12 - Beri diri melayani
Gol akhir selama kita di dunia adalah melayani pekerjaan Tuhan. Pelayanan tidak hanya terbatas di gereja, tetapi bisa d rmah tangga, kampus, sekolah, tempat kerja, dll. Jadi pribadi yg dewasa adalah pribadi yang melayani.

Bersyukur ada di gereja Tiberias dimana kelima point di atas terjadi dalam hidupku, dan juga semoga terjadi dalam hidup kita semua. Tuhan berikan gembala Pdt DR Y. Pariadji untuk kita dapat berjumpa dengan Tuhan (mengalami mujizat-karya Tuhan), berubah (hidup kudus), berakar (melindungi dari ajaran2 sesat), bertumbuh ( menjadi serupa seperti Yesus yang siap ke surga), beri hidup melayani (korban).
Tuhan memberkati